ARTIKEL









ID COMM
Indonesia Communication for Development atau ID COMM adalah lembaga komunikasi yang telah cukup lama membantu upaya komunikasi publik dari kegiatan tim CISDI. Segala aktivitas yang bisa menambah gaung dari CISDI di kalangan masyarakat sudah menjadi hasil dari kolaborasi ini. Bentuk kerja sama ini termasuk menyelenggarakan roundtable media, seminar publik, roadshow kampus, dan konferensi pers. Keinginan yang sama untuk melihat masyarakat Indonesia yang tidak hanya paham, tetapi juga tergerak untuk secara lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai upaya pembangunan diharapkan bisa mendorong terjadi bentuk kerja sama yang semakin inovatif di masa depan. 

Inspirit Innovation Circles
Inspirit Innovation Circles adalah sebuah lingkar pembelajaran inovatif untuk mempercepat perubahan sosial menuju tatanan masyarakat yang penuh antusiasme dan berkelanjutan. Dibentuk tahun 2002, Inspirit percaya bahwa komunitas yang antusias dan kreatif akan mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik, pendekatan berbasis kekuatan, membangkitkan keagungan insani, serta imajinasi untuk mengangkat masa depan yang lebih baik. Inspirit melengkapi kompetensi berbagai pelatihan CISDI melalui pelatihan komunikasi alami yang bias menghidupkan jiwa kepemimpinan masing-masing individu.

INFID
Sebagai salah satu lembaga masyarakat sipil tertua di Indonesia, INFID tidak hanya mendukung program dan kegiatan yang dilakukan CISDI, namun juga membuka jejaring dan memperkenalkan CISDI di kalangan LSM Indonesia. Perhatian INFID di bidang ketimpangan dan agenda pembangunan global mendorong banyak kesempatan berkolaborasi dengan CISDI, terutama melalui gerakan Pencerah Nusantara dan sosialisasi agenda pembangunan pasca-2015. Untuk kedepannya, diharapkan kemitraan ini bisa terus berkembang menjadi aktivitas kreatif dan inovatif dengan dampak yang meluas di kalangan masyarakat Indonesia. 

Smoke Free Agents
SFA adalah komunitas yang digagas oleh kumpulan pemuda yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan rokok pada remaja. Komunitas ini dibentuk pada 2012 dan secara aktif melakukan aktifitas kampanye kreatif untuk mengajak anak muda peduli pada pengendalian tembakau di Indonesia. Saat ini, SFA memiliki anggota 19 komunitas yang aktif dalam mengkampanyekan bahaya rokok di lingkungan sekitarnya. SFA memiliki program untuk melakukan monitoring paparan iklan rokok di lingkungan sekolah dan sekitarnta. CISDI bekerja sama dengan SFA dalam memberikan edukasi dampak rokok di sekolah untuk bersama-sama mewujudkan ‘Smoke Free Generation: Generasi Kreatif Masa Depan’. 


Yayasan Jantung Indonesia
Yayasan Jantung Indonesia (YJI) adalah organisasi pelopor gaya hidup sehat di Indonesia yang aktif bergerak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Penyuluhan terkait polah hidup sehat tidak merokok di sekolah pada remaja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan YJI. CISDI bekerja sama dengan YJI dalam pengembangan program edukasi dampak rokok untuk remaja ‘Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara’. 

Yayasan Cinta Anak Bangsa 
Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) adalah organisasi yang memiliki visi pencapaian kemandirian ekonomi melalui youth development. YCAB percaya bahwa pemberdayaan remaja untuk mandiri dalam edukasi, ekonomi, dan kesejahteraan adalah upaya yang harus dilakukan untuk mencapai keberlangsungan pembangunan di masa yang akan datang. Salah satu program YCAB yang fokus pada edukasi dan peningkatan kapasitas remaja terkait polah hidup sehat adalah program Healthy Lifestyle Promotion (HeLP). CISDI bekerja sama dengan program HeLP YCAB dalam pengembangan program edukasi dampak rokok untuk remaja ‘Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara’.

Yayasan Bhakti Bangsa 
Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) merupakan lembaga yang berfokus kepada pemberdayaan pemuda dengan mengembangkan potensi yang dimiliki setiap pemuda. YBB melihat CISDI sebagai kesempatan memperluas jaringan kemitraan di era yang secara cepat berubah dan berkembang. Diharapkan kerjasama ini bias mendorong berjalannya program pemuda sebagai actor pembangunan menuju Indonesia yang lebih baik.

Company-Community Partnership for Health in Indonesia
CCPHI adalah organisasi yang memfasilitasi kemitraan antara perusahaan, LSM, pemerintah daerah, serta komunitas-komunitas di Indonesia untuk membangun masyarakat yang sehat dan berkesinambungan. CISDI dan CCPHI memiliki visi serupa, yakni melihat terlibatnya semua pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam upaya pembangunan di Indonesia.

Center for Innovation, Policy, and Governance
CIPG merupakan organisasi riset di bidang sains, teknologi, inovasi, dan tata pemerintahan. Resmi berdiri tahun 2010, CIPG sudah secara intensif aktif dalam riset, konsultasi, dan pembangunan kapasitas. Kemitraan CIPG dan CISDI berupa dukungan dalam proses survei kesehatan masyarakat di wilayah penempatan Pencerah Nusantara, termasuk melalui pembuatan kuesioner, penentuan metode survei, serta pelatihan terkait etika survei kesehatan masyarakat.

Mercy Corps Indonesia
Sebagai organisasi pemberdayaan masyarakat, dampak Mercy Corps sudah dirasakan oleh lebih dari satu juta orang di Indonesia melalui program adaptasi iklim, penanggulangan bencana alam, nutrisi dan keseahtan, pengembangan ekonomi, serta program berorientasi lingkungan. Mercy Corps Indonesia bermitra dengan CISDI melalui program penyediaan layanan air bersih di daerah penempatan Pencerah Nusantara. Program ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk mengerti pentingnya air bersih dan penyediaan alat filterisasi dan penyulingan air sederhana.


Alzheimer Indonesia
Alzi adalah sebuah organisasi non-profit dengan visi membantu meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD), Alzheimer, beserta dan caregivers ODD di Indonesia. Bersama CISDI, Alzi berupaya menjawab berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia, terutama terkait fakta pergeseran konteks menuju banyaknya penyakit tidak menular. Melalui program kesehatan seperti Pencerah Nusantara, Alzi dan CISDI memastikan bahwa inovasi kesehatan terus dilakukan hingga daerah terdalam Indonesia.

Share this:

VIDEO TERKINI

Menggugah Pemuda Bereaksi Mengantisipasi Beban Sistem Pangan di Masa Depan

Forum for Young Indonesians (FYI) dengan tema 'Our Food, Our Future' digelar di Hall Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, (Minggu 22/10). Hadir pakar-pakar termuka seperti Wakil Presiden RI ke -11 Prof. Dr. Boediono, Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, ekonomo Faisal Basri, ekonom Prof. Dr. Emil Salim serta inovator-inovator muda yang memberi warna baru dalam praktik sistem pangan berk