ARTIKEL

Organisasi Masyarakat Sipil
Thu, Jan 7th 2016, 15:16


HiVos fokus mendukung organisasi-organisasi di Afrika, Amerika Latin dan Asia melalui advokasi dan peningkatan kapasitas dalam bidang perubahan sosial, aktivisme digital dan inovasi rural. CISDI dan HiVos berkolaborasi dalam penguatan transformasi sistem pangan melalui Forum for Young Indonesians (FYI) "Our Food, Our Future!" dimana HiVos memberikan dukungan dan keahlian selama pre-event dan event berlangsung.


Misi utama WWF Indonesia adalah untuk melestarikan, menyelamatkan dan menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk mewujudkan keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kolaborasi antara CISDI dan WWF berdasarkan pada kepercayaan terhadap bentuk konsumsi yang berkelanjutan melalui Forum for Young Indonesia (FYI) "Our Food, Our Future!"
Website : www.wwf.or.id


Menciptakan sistem pangan yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa planet bumi masih mampu menyediakan bahan makanan bagi seluruh penduduknya menjadi fokus isu yang diperjuangkan oleh organisasi yang berpusat di Oslo ini. Setiap tahunnya, EAT Foundation menyelenggarakan Stockholm Food Forum yang dihadiri oleh para pemimpin dunia dari seluruh sektor. Di tahun 2017, EAT Foundation bersama Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Asia Pacific Food Forum yang pertama di tingkat regional. Pencapaian ini menjadi langkah yang signifikan bagi Indonesia dalam memimpin transformasi sistem pangan yang berkelanjutan di kawasan regional. Sebagai mitra implementor dari Asia Pacific Food Forum, CISDI berkoordinasi dengan EAT Foundation untuk memastikan program sejalan dengan konteks lokal dan regional.


Australia Indonesia Centre (AIC) didirikan oleh pemerintah Australia untuk memfasilitasi inovasi berbasis riset baik di Australia maupun Indonesia. AIC memberikan dukungan bagi CISDI terkait implementasi program edukasi pengendalian tembakau di sekolah menengah pertama.

Inisiatif Bloomberg setiap tahunnya memberikan dukungan kepada organisasi terkemuka di seluruh dunia yang memiliki visi yang kuat dalam menciptakan dunia yang lebih sehat melalui kegiatan pengendalian tembakau. Memiliki kepedulian yang sejalan dengan CISDI, Bloomberg telah memberikan dukungan kepada CISDI, khususnya terkait advokasi pengendalian tembakau.

Center for Innovation, Policy, and Governance (CIPG) adalah organisasi riset dalam bidang sains, teknologi, inovasi dan tata kelola pemerintahan. CIPG memberikan dukungan terhadap CISDI dalam merancang model pengawasan kesehatan berbasis komunitas, termasuk mengembangkan metode survey dan kuisioner Pencerah Nusantara.
Website : www.cipg.or.id


Center for Indonesian Medical Students' Activities (CIMSA) adalah organisasi non-profit dan independen yang mewadahi kegiatan mahasiswa kedokteran di 23 daerah di Indonesia. CIMSA berfokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengacu pada enam pilar utama, kesehatan reproduksi termasuk AIDS, kesehatan masyarakat, edukasi medis, hak azasi manusia dan perdamaian, program pertukaran riset, dan program pertukaran profesional. Kolaborasi antara CISDI dan CIMSA berfokus pada penguatan kapasitas melalui pelatihan pemberdayaan masyarakat.
Website : www.cimsa.or.id

Inspirit Innovation Circles (Inspirit) adalah sebuah lingkar pembelajaran inovatif untuk mempercepat perubahan sosial menuju tatanan masyarakat yang penuh antusiasme dan berkelanjutan. Didirikan pada tahun 2002, Inspirit percaya bahwa komunitas yang antusiasi dan kreatif akan mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik, pendekatan berbasis modal kekuatan serta imajinasi untuk mengangkat masa depan yang lebih baik. Inspirit melengkapi kompetensi berbagai pelatihan CISDI melalui pelatihan komunikasi alami yang dapat menghidupkan jiwa kepemimpinan masing-masing individu.

Sebagai organisasi yang terdiri dari jejaring organisasi masyarakat sipil, International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) mendorong kegiatan-kegiatan CISDI, khususnya melalui kampanye dan sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), melalui koalisi organisasi masyarakat sipil terkait SDGs.
Website : www.infid.org
Smoke Free Agents (SFA) adalah sebuah komunitas yang diinisiasi oleh sekelompok pemuda dengan kepedulian terhadap permasalahan terkait dampak rokok pada remaja. CISDI berkolaborasi dengan SFA untuk melakukan edukasi dampak rokok ke sekolah menengah pertama melalui program Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara.
Website : www.kompak.co

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) adalah organisasi pionir yang bergerak aktif meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung. CISDI berkolaborasi dengan YJI dalam pengembangan program edukasi dampak tembakau bagi remaja, Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara.

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) adalah organisasi yang memiliki visi pencapaian kemandirian ekonomi melalui youth development. Salah satu program YCAB yang fokus pada edkasi dan peningkatan kapasitas remaja terkait pola hidup sehat adalah program Healthy Lifestyle Promotion (HeLP). Atas dasar kesamaan nilai untuk memajukan kualitas generasi muda Indonesia, CISDI dan YCAB berkolaborasi dalam mengembangkan program edkasi dampak rokok untuk remaja, Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara.

Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) adalah lembaga yang berfokus pada sosialisasi potensi bonus demografi dimana pemberdayaan pemuda menjadi kunci bagi Indonesia untuk merealisasikan potensi tersebut. CISDI dan YBB bekerjasama dalam peningkatan jejaring kemitraan di era yang secara cepat berubah dan berkembang. Melalui kerjasama ini, CISDI dan YBB berharap untuk dapat mempererat peran pemuda sebagia aktor pembangunan menuju Indonesia yang lebih baik.
Website : www.ybb.or.id

Company-Community Partnership for Health in Indonesia (CCPHI) adalah organisasi yang memfasilitasi kemitraan antara perusahaan, LSM, pemerintah daerah serta komunitas-komunitas di Indonesia untuk membangun masyarakat yang sehat dan berkesinambungan. CISDI dan CCPHI memiliki visi serupa, yakni melihat terlibatnya semua pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam upaya pembangunan di Indonesia.
Website : www.ccphi.org

Share this:

VIDEO TERKINI

CISDI - Tobacco dalam konteks SDGs

Penanggulangan dampak penggunaan tembakau di Indonesia, khususnya pada perokok pemula atau generasi muda dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs)