ARTIKEL

Setelah tujuh tahun program Pencerah Nusantara berjalan dan melibatkan lebih dari 222 anak muda di Indonesia untuk memberikan dampak positif di sektor kesehatan di pelosok Indonesia, program distribusi tenaga kesehatan ini mendapat apresiasi penuh dari para inisiator di bidang kesehatan pada acara Indonesia Development Forum (IDF) 2019. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Program Pencerah Nusantara sebagai best case study untuk dipresentasikan di IDF 2019. Terpilihnya program Pencerah Nusantara, yang dikelola oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) sebagai best case study dikarenakan program ini memiliki keunikan tersendiri dalam mengintervensi sistem layanan kesehatan di Indonesia, yaitu melalui distribusi tim tenaga kesehatan lintas profesi yang ditempatkan di Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

“Pencerah Nusantara tidak hanya memberangkatkan mereka yang memiliki latar belakang pendidikan dokter saja, tetapi juga kesehatan masyarakat, perawat, bidan, nutrisi, gizi, psikolog, sosiolog dan hukum sebagai bagian dari tim yang diberangkat ke berbagai daerah pelosok Indonesia,” tutur Zakiyah Eke, Research & Development Coordinator, CISDI.

Selain itu, program Pencerah Nusantara diakui telah memberikan sudut pandang tersendiri bagi para dokter muda untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. “Menjadi dokter tidak selalu bekerja di dalam ruangan. Adanya program Pencerah Nusantara memberikan saya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar dan mengetahui apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan status kesehatan mereka,” ujar dr. Edo Prabudi Thamrin, Alumni Pencerah Nusantara Cohort II.

Pemaparan mengenai program Pencerah Nusantara di IDF 2019 memantik diskusi berkelanjutan bersama para inisiator di bidang kesehatan di Indonesia, terlebih dalam upaya kolaborasi bersama Pencerah Nusantara untuk mengintervensi di berbagai sub-sektor kesehatan di Indonesia.

“Langkah Pencerah Nusantara tidak akan berhenti hanya di 16 kabupaten di Indonesia saja, melainkan akan terus memberikan dampak positif di daerah lainnya di Indonesia bersama pemuda dan pegiat di bidang kesehatan lainnya.” tutup Zakiyah Eke.

Share this:

VIDEO TERKINI

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)