NEWS

CISDI Resmi Bekolaborasi dengan Yayasan Bhakti Bangsa demi Perbaikan Generasi Penerus Bangsa

Jakarta, 18 April 2016 – Sebagai organisasi yang melihat pemuda sebagai aktor kunci dalam upaya pembangunan, CISDI kini resmi bekerja samadengan Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) melalui penandatanganan perjanjian kerjasama hari ini di kantor CISDI. Perjanjian kerjasama ini menjadi bentuk komitmen dari kedua belah pihak untuk memaksimalkan pemberdayaan pemuda sebagai salah satu aktor penting dalam pembangunan di Indonesia.

“CISDI mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan Pak Sarwono bersama dengan YBB untuk bekerjasama dengan kami. Sungguh merupakan suatu kesempatan yang berharga, semoga kami bisa belajar banyak dari Bapak seiring dengan berjalannya kerjasama ini.”, sambut Diah Saminarsih, selaku pendiri CISDI.

YBB merupakan lembaga yang berfokus kepada pemberdayaan pemuda dengan mengembangkan potensi yang dimiliki setiap pemuda. Sarwono Kusumaatmadja selaku ketua umum dari YBB berkeinginan untuk bekerjasama dengan CISDI karena melihat signifikansi menperluas jaringan kemitraan di era yang sangat cepat berubah dan berkembang.

“Mengetahui bahwa salah satu area fokus CISDI adalah pemberdayaan pemuda, kami yakin hal tersebut sejalan dengan misi yang dibawa oleh YBB yang juga ingin memberdayakan pemuda di seluruh Indonesia.”, ujar Sarwono.

Anindita Sitepu, selaku Direktur Program CISDI, menjelaskan bahwa CISDI melihat Pemuda sebagai potensi yang belum teroptimalisasi dalam perencanaan dan implementasi upaya pembangunan. Karenanya, melalui berbagai kegiatan yang dilakukan, CISDI selalu mengedepankan unsur pemuda, baik sebagai aktor utama maupun penerima manfaat. Fokus ini yang dianggap sejalan dengan kegiatan yang dilakukan oleh YBB yang ingin memastikan pemberdayaan pemuda dilakukan agar kelompok ini menjadi bonus, bukan beban demografi Indonesia ke depan.

Pemberdayaan pemuda bisa dilakukan dengan melihat kebutuhan yang ada di lapangan. Kemampuan yang dimiliki oleh pemuda tersebut juga harus diberdayakan supaya bisa membangun daerahnya sendiri. Bambang Warsito, salah satu anggota YBB, beranggapan bahwa program yang dilakukan CISDI bisa menjadi salah satu peluang bagi para pemuda memiliki wadah untuk membuat kegiatan yang bertujuan untuk pembangunan lebih baik di Indonesia. Beberapa networking yang dimiliki oleh YBB juga bisa menjadi kesempatan kerjasama yang baik dengan CISDI untuk berkolaborasi membangun Indonesia tidak hanya dari satu aspek saja, tetapi juga dari berbagai aspek, seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Setelah selesai menjelaskan ranah program masing-masing yang dilakukan oleh CISDI dan YBB, penandatangan surat perjanjian kerjasama dilakukan. Pihak CISDI yang diwakilkan oleh Diah Saminarsih, begitu juga dari pihak YBB, yang diwakilkan oleh Sarwono Kusumaatmadja, saling menandatangani surat kerjasama antara CISDI dan YBB.

“Kami berharap kerjasama ini dapat saling membantu satu sama lain terutama dalam berjalannya program yang dirancang untuk pemuda guna mempersiapkan mereka menjadi aktor pembangunan yang dapat membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.”, tutup Sarwono setelah selesai menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan CISDI.


Penulis: Hadassah Alexandria dan Adi Sarosa

Share this: