NEWS

Dukungan Positif dan Komitmen 9 Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Pencerah Nusantara

Jakarta, 27 April 2016 – Tim Pencerah Nusantara angkatan ke- 4 sebentar lagi akan diberangkatkan menuju 9 lokasi baru. Sebelum keberangkatan, tim mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Pemerintah Daerah dari masing-masing lokasi. Pertemuan yang diadakan di Hotel The Akmani, Jakarta, ini menjadi kesempatan yang berharga bagi masing-masing tim untuk dapat bertemu langsung dengan Pemda. Tidak hanya pertemuan antara tim dengan Pemda, tetapi juga Pemda melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, sebagai bentuk komitmen dan dukungan penuh yang diberikan dari Pemda untuk tim Pencerah Nusantara saat bertugas.

“Pencerah Nusantara hadir di era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) untuk membantu penguatan fasilitas kesehatan, agar beban ekonomi negara di masa mendatang bisa menurun.”, kata Diah Saminarsih, selaku pendiri CISDI dan Staf Khusus Bidang Kemitraan dan SGDs, Kementerian Kesehatan Indonesia.

Kehadiran Pencerah Nusantara di tiap-tiap lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia tidak akan berjalan dengan baik kalau tidak didukung dengan komitmen dari Pemda. Diah juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada masing-masing Pemda, yang sudah memberi ruang bagi para pemuda untuk berkontirbusi dalam meningkatkan derajat bagi masyarakat di Indonesia.

Anindita Sitepu, selaku Direktur Program CISDI, kembali memaparkan tujuan utama dari Pencerah Nusantara itu dibuat. Nindi juga memaparkan bahwa tidak semua pihak sudah mendapatkan akses yang sama untuk bisa sukses, maka butuh platform untuk berkontribusi.

“Kesehatan memiliki determinan sosial di luar kesehatan. Sudah saatnya orang non-kesehatan juga memberi dan memperkaya solusi dengan memberikan perspektif non-kesehatan, sehingga semangat kolaborasi adalah semangat yang juga akan dibawa oleh teman-teman Pencerah Nusantara.”, tambah Anindita dalam paparannya mengenai tujuan Pencerah Nusantara.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dari Pemda masing-masing Kabupaten. Masing-masing pemda menyatakan dukungan penuh untuk tim Pencerah Nusnatara saat datang ke lokasi nanti. Harapan lainnya yang diutarakan oleh Pemda yaitu program ini bisa berkelanjutan. Masing-masing pemda pun siap ‘membuka tangan’ mereka untuk memberi bantuan apa pun yang dibutuhkan oleh Pencerah Nusantara.

“Saya senang sekali Pencerah Nusantara bisa ada di tempat kami. Kami ingin sekali bisa terjalin sinergi antara program Pencerah Nusantara, Dinas Kesehatan, program Puskesmas, dan dana desa yang bersangkutan. Semoga Muara Enim bisa menyerap dan mengadopsi program ini secara lokal.”, ungkap Kepala Bappeda dari Muara Enim.

Kepala Bupati Sorong juga mengungkapkan bahwa ingin sekali program ini bisa diberikan kepada putra putri Sorong untuk bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya agar bisa melakukan aksi nyata dalam pembangunan di Indonesia, yang bisa dimulai dari daerah mereka sendiri.

Setelah perkenalan dan diskusi bersama Pemda, acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama, antara Diah Saminarsih dan Anindita Sitepu dengan masing-masing Kepala Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Puskesmas.

Para peserta Pencerah Nusantara ke- 4 selanjutnya berdiskusi bersama dengan masing-masing Pemda tempat mereka ditempatkan nanti. Peserta juga menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan kesehatan, penduduk, keadaan geografis, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan program yang akan dibuat oleh masing-masing tim saat berada di penempatan. Masing-masing tim dan Pemda menyampaikan harapan dari perubahan positif yang akan diberikan kelak oleh tim Pencerah Nusantara.


Penulis: Hadassah A. T.

Share this:

BERITA SEBELUMNYA

Diskusi Publik CISDI: Meningkatnya Ancaman Diabetes Mellitus Terhadap Generasi Muda Indonesia

Terus meningkatnya jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) yang juga b

CISDI Resmi Bekolaborasi dengan Yayasan Bhakti Bangsa demi Perbaikan Generasi Penerus Bangsa

Jakarta, 18 April 2016 – Sebagai organisasi yang melihat pemuda seba

Update Pencerah Nusantara

Tahap Seleksi (9-12 Februari 2016)

Pencerah Nusantara Kembali Melanjutkan Semangat (Health for All) di 9 Lokasi Baru

Jakarta, 23 Maret 2016 – Semangat dalam upaya memperbaiki kesehatan

VIDEO TERKINI

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)