NEWS

Pencerah Nusantara dalam Youth Health Celebration 2015: Gaet lebih Banyak Pemuda untuk Peduli terhadap (Layanan Kesehatan Ramah Remaja)

Youth Health Celebration: Dari Remaja untuk Remaja

 

Jakarta, 12 Desember 2015 – Aliansi Remaja Independen atau yang lebih dikenal dengan sebutan ARI mengadakan sebuah acara bernama Youth Health Celebration (YHC) di Taman Menteng, 12 Desember lalu. Dengan mengusung tema “Keep Calm and Stay Healthy”, acara yang bertujuan untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2015 ini sekaligus ingin mempromosikan layanan kesehatan yang ramah remaja kepada masyarakat khususnya pemuda di Jakarta. Dikemas dalam bentuk konser terbuka yang dimeriahkan oleh musisi-musisi populer di kalangan pemuda masa kini seperti Is (Payung Teduh), Barasuara, Pandai Besi, dan Senar Senja.

Sebagai pembukaan, pengunjung disuguhi penampilan apik dari kelompok perkusi Bantar Gebang yang dilanjutkan ke sebuah segmen pernyataan pemuda terkait dukungannya agar pemerintah menyediakan lebih banyak fasilitas kesehatan ramah remaja yang bebas stigma dan terjangkau harganya di Indonesia dalam bentuk Movie Discussion: Stop Perkawinan Anak; Pemutaran video mengenai fakta dan situasi kesehatan remaja dan kriteria-kriteria layanan kesehatan ramah remaja.

 

Pencerah Nusantara dalam Youth Health Celebration 2015

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 4 sore ini juga dimeriahkan dengan adanya stand-stand dari berbagai organisasi yang peduli terhadap kesehatan ramah remaja seperti Stand Pelayanan Kesehatan Umum dan Ramah Remaja; Stand Promosi Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja: Stand Aliansi Remaja Independen; tak terkecuali Stand Pencerah Nusantara.

Selain memaparkan tentang berbagai macam Best Practise Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja yang telah dibentuk oleh Pencerah Nusantara di 7 lokasi penempatan bersama stakeholder setempat seperti Laskar Pencerah di Tosari, Pasuruan; Sahabat Remaja Mentawai di Sikakap, Mentawai; Bintang Pencerah di Pakisjaya, Karawang, Pencerah Nusantara juga ingin mengajak lebih banyak masyarakat terutama pemuda untuk lebih peduli terhadap kesehatan masyarakat di Indonesia dengan bergabung menjadi Pencerah Nusantara Batch 4.

Media Promosi Pencerah Nusantara

Sebagai amunisi, CISDI (Center for Indonesia’s Strategic Development Initiative) yang menaungi Gerakan Pencerah, sudah menyiapkan berbagai bahan media promosi yang interaktif mulai dari sticker, pembatas buku, catatan perjalanan tiga tahun Pencerah Nusantara, leaflet, flyer, notebook, serta buku “Kisah Tujuh Penjuru” yang nantinya diberikan kepada pengunjung yang mengunjungi stand Pencerah Nusantara, pengunjung yang mendapatkan kunjungan kaget dari Tim Pencerah Nusantara, dan tak kalah menarik pengunjung yang dapat menjawab kuis peta buta lokasi penempatan Pencerah Nusantara.

Pengunjung yang sedang mengikuti Kuis Peta Buta Lokasi Penempatan Pencerah Nusantara

“Pencerah Nusantara tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya Ende dan Ogotua. Nah, hayo dimana letak Ende dan Ogotua itu?”, tutur Gatot Suarman, Kepala Bagian HRD CISDI.

Jawaban dari pengunjung pun tak elak menimbulkan canda tawa hingga banyak dari mereka yang akhirnya tertarik untuk mendengarkan lebih banyak bagaimana kisah pengabdian para pemuda yang diberi nama Pencerah Nusantara, pemuda yang dikirimkan ke pelosok-pelosok Indonesia untuk berkontribusi dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, hingga menjadi lebih peduli terhadap kesehatan di Negeri ini. Tak terkecuali dengan pengunjung dari Stand Lovermula.

Share this: