NEWS

Resmi Dilantik, 46 Pencerah Nusantara IV Siap Mengabdi

Sabtu, 7 Mei 2016 - Setelah melewati pelatihan dan karantina selama 7 minggu, 46 pemuda-pemudi pilihan kini sudah resmi dilantik menjadi Pencerah Nusantara angkatan ke-IV dan siap diberangkatkan ke daerah masing-masing untuk penugasan satu tahun kedepan. Dihadiri oleh 46 Pencerah Nusantara angkatan IV, tim pengelola CISDI, dewan pembina dan pengawas CISDI, mitra pemateri pelatihan PN4, serta rekan media, acara pelantikan ini menjadi kegiatan puncak proses pelatihan PN4 sebelum diberangkatkan ke 9 daerah penempatan mereka masing-masing.

Dibuka dengan makan siang bersama, acara ini dimulai dengan sambutan dari Anindita Sitepu, Direktur Program CISDI, sebagai tim pengelola Pencerah Nusantara. Beliau menuturkan bagaimana proses seleksi yang ketat serta pembekalan yang komprehensif diharapkan membuat tiap tiap Pencerah Nusantara maksimal dalam menghasilkan dampak positif untuk masyarakat di masing-masing daerah penempatannya selama 1 tahun kedepan. "Semua yang telah terjadi dalam 2-3 bulan terakhir barulah prolog, pengantar untuk cerita yang akan kalian tuliskan selama 1 tahun kedepan" tutur Anindita.

 

Pendiri CISDI dan Pencerah Nusantara, Diah Saminarsih juga menuturkan kebanggaannya terhadap semua pihak yang telah aktif terlibat hingga Pencerah Nusantara bisa mencapai titik ini. Pihak yang dimaksud termasuk para Pencerah Nusantara di lapangan, tim pengelola di CISDI, para mitra yang memberikan dukungan riil maupun moral dalam 4 tahun terakhir. Diah menegaskan "Pencerah Nusantara sekali lagi membuktikan bahwa kolaborasi lintas profesi dan lintas sektor dalam upaya pembangunan adalah sesuatu yang bisa direalisasikan".

Dalam pidato kuncinya untuk menyemangati tim Pencerah Nusantara IV, Ibu Nila Moeloek, Menteri Kesehatan RI, menggarisbawahi betapa ketidakadilan masih umum ditemukan di Indonesia. Ketimpangan masih terjadi antar daerah, sehingga menciptakan keadilan dalam memperoleh akses layanan masih menjadi tantangan tersendiri di tengah upaya pemerintah mewujudkan kesehatan yang universal bagi seluruh warga negara. "Saya berharap seluruh pemuda-pemudi berkualitas di Pencerah Nusantara ini bisa merealisasikan bonus demografi untuk Indonesia di tahun 2045 nanti agar bisa dinikmati oleh bangsa ini secara optimal", tutup Ibu Nila.

Acara pelantikan ini juga diisi dengan testimoni dari pemateri pelatihan Pencerah Nusantara IV, diwakili oleh Ibu Budhita Kismadi, Co-Director Inspirit Innovation Circle. Terlibat sejak awal penyusunan konsep Pencerah Nusantara, Ibu Budhita Kismadi dan tim Inspirit memiliki semangat dan visi yang sama dengan tim pengelola Pencerah Nusantara. Dalam sambutannya, Ibu Budhita menceritakan kegembiraannya dan kebanggaannya pada ke 46 individu yang kini telah resmi menjadi Pencerah Nusantara angkatan IV, dan berharap perubahan yang akan mereka ciptakan tidak  berhenti di daerah penempatan, tetapi berlanjut dalam skala yang lebih luas.


Penulis: Adi Sarosa

Share this:

BERITA SEBELUMNYA

Diskusi Publik CISDI: Meningkatnya Ancaman Diabetes Mellitus Terhadap Generasi Muda Indonesia

Terus meningkatnya jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) yang juga b

CISDI Resmi Bekolaborasi dengan Yayasan Bhakti Bangsa demi Perbaikan Generasi Penerus Bangsa

Jakarta, 18 April 2016 – Sebagai organisasi yang melihat pemuda seba

Update Pencerah Nusantara

Tahap Seleksi (9-12 Februari 2016)

Pencerah Nusantara Kembali Melanjutkan Semangat (Health for All) di 9 Lokasi Baru

Jakarta, 23 Maret 2016 – Semangat dalam upaya memperbaiki kesehatan

VIDEO TERKINI

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)

Nasional Youth Town Hall (Indonesia)