NEWS

Sukses Selalu Rishka, Gung, Vio dan Fikran!
Jakarta, 27 Januari 2017 - CISDI percaya bahwa pembangunan kesehatan merupakan tanggungjawab bersama. Bukan hanya tanggungjawab dokter, dokter gigi, perawat, bidan, ahli kesehatan masyarakat dan mereka yang bekerja di dunia kesehatan, tetapi masih ada komponen lain yang dapat berkontribusi untuk memajukan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia. Kepercayaan itu yang membuat CISDI terbuka untuk berkolaborasi dengan banyak pihak serta terbuka untuk menerima aspirasi dari banyak pemuda Indonesia dalam berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya adalah penerimaan internship atau magang.

Di awal bulan Agustus 2016, CISDI menyambut kedatangan dua intern baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yaitu Rishka Purniawati dan Anak Agung Istri Intan Yuniari. Keduanya telah menempuh pendidikan kedokteran dan bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Bagi Rishka, menjalani program internship di CISDI telah mengetuk hatinya bahwa ternyata berprofesi sebagai dokter saja tidak cukup untuk memajukan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. “Sambil menunggu program internship kedokteran di daerah, saya memilih untuk memanfaatkan waktu luang saya dengan melakukan hal-hal positif yang tidak hanya menambah teman, tetapi juga membuka cakrawala saya untuk dapat berkontribusi kepada dunia kesehatan. Melalui kegiatan internship di CISDI ini, saya mendapat kesempatan untuk menganalisis program kesehatan tidak hanya dari kacamata klinis, tetapi dari kacamata masyarakat sipil.”

Sementara itu, bagi Anak Agung Istri Intan Yuniari, yang akrab disapa Gung, walaupun pekerjaan yang dilakukan di CISDI banyak melibatkan analisa program dan penelitian, tetapi banyak keseruan yang terjadi ketika jam kerja usai. “Ketika jam kerja selesai, kita sering diajak olahraga bareng kakak-kakak, makan bareng, jalan bareng, bahkan curhat bareng. Dengan melakukan kegiatan bersama-sama, kita jadi merasakan hubungan yang lebih kuat dengan kakak-kakak di CISDI sehingga ketika bekerja bersama-sama pun menjadi lebih nyaman.”

Selama menjalani kegiatan internship, Rishka dan Gung bertindak sebagai intern untuk tim Program Management serta tim Research and Development yang bertugas memberikan asistensi terhadap implementasi program Pencerah Nusantara serta mengkaji penelitian lapangan dari tim Pencerah Nusantara di ke-9 lokasi penempatan. Selain itu, keduanya juga turut aktif mendukung program CISDI lainnya seperti Generasi Kreatif Penggerak Nusantara.

Selain dr. Rishka dan dr. Gung, CISDI juga menerima dua intern lainnya, yaitu Violita Febriana dan Fikran Kamal Hujjaji dari Universitas Bina Nusantara. Kegiatan internship yang dilakukan Vio dan Fikran ini merupakan bagian dari kerjasama CISDI dan Universitas Bina Nusantara dalam mendukung Program 3+1 bagi mahasiswa Binus.

“Program 3+1 ini adalah program bagi mahasiswa Binus semester 6 dari berbagai jurusan untuk merasakan pengalaman bekerja selama 3 bulan, baik di korporasi, bisnis maupun NGO. Saya sendiri memiliki ketertarikan untuk magang di NGO karena ke depannya saya ingin fokus pada community development dan CSR. Dengan melakukan internship di CISDI, saya dapat pengalaman baru dalam mempelajari dan memahami bagaimana proses pemberdayaan masyarakat, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di beberapa daerah di Indonesia. Rasanya seneng banget bisa jadi bagian dari CISDI!” ujar Vio, mahasiswi Binus Fakultas Ekonomi dan Komunikasi jurusan Marketing Communication.

Dengan latar belakang pendidikan komunikasi, Vio dan Fikran memberikan kontribusi secara signifikan dalam mendukung kegiatan komunikasi internal dan eksternal CISDI melalui divisi Outreach and Partnership. Selain itu, Vio dan Fikran juga terlibat langsung dalam pelaksanaan program-program utama CISDI. Bagi Fikran, salah satu momen istimewa yang ia rasakan selama magang di CISDI adalah menyaksikan proses rekrutmen Pencerah Nusantara yang mampu menarik lebih dari 3000 pendaftar. “Saya bersyukur sekali karena telah menjadi bagian dari proses rekrutmen Pencerah Nusantara. Nggak disangka, ternyata pendaftarnya bisa mencapai lebih dari 3000! Terima kasih sekali kepada kakak-kakak di CISDI yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa terlibat langsung dalam sebuah program yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.”


Kehadiran Rishka, Gung, Vio dan Fikran telah memberikan begitu banyak warna dalam hari-hari yang dijalani CISDI. Dengan keunikan dan wawawan masing-masing di bidang kedokteran dan komunikasi, mereka telah menjadi pemuda Indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan, kepedulian serta ketulusan untuk membangun negeri ini. Terima kasih Rishka, Gung, Vio dan Fikran sudah memilih untuk menjadi bagian dari keluarga besar CISDI. Walaupun masa internship kalian sudah selesai, tapi rumah CISDI akan selalu merindukan kalian dan mendoakan yang terbaik. Sukses selalu!


Penulis: Yeyen Yenuarizki

Share this: