NEWS

Tropicana Slim dan Pencerah Nusantara : Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Diabetes
Jakarta, 24 April 2017 – Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional pada Selasa 18 April 2017, Tropicana Slim dan Pencerah Nusantara mengadakan kegiatan pengecekan gula darah di sembilan lokasi penempatan program Pencerah Nusantara. Hal ini sejalan dengan kepedulian Tropicana Slim terhadap penurunan prevalensi Diabetes di Indonesia. Sepanjang pelaksanaan sejak tanggal 18-31 April 2017, aksi ini menjadi bagian integral dalam pelayanan kesehatan di sembilan wilayah kerja puskesmas yang menjadi lokasi penempatan Pencerah Nusantara di seluruh Indonesia.

Noviana Halim, Brand Manager dari Tropicana Slim, menyampaikan, “Data Kementerian Kesehatan Indonesia juga menunjukkan bahwa pada tahun 2013, sekitar 2 dari 3 penderita diabetes di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes1. Oleh karena itu, pemeriksaan kadar gula darah sejak dini dan secara rutin penting dilakukan karena penyakit diabetes tidak memiliki gejala pada tahap awal2. Dengan adanya deteksi dini, para diabetesi dapat mendapat penanganan sejak awal sehingga timbulnya komplikasi dapat dicegah. Selain itu, bagi mereka yang terdeteksi prediabetes juga dapat ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes.”

Menyikapi hal ini, Tropicana Slim Guna melengkapi fasilitas pengecekan gula darah, Tropicana Slim bermitra dengan CISDI mendukung kegiatan pengecekan gula darah dengan menyediakan mendukung pengadaan 3600 strip cek gula darah yang akan dikirim ke sembilan lokasi penempatan Pencerah Nusantara. Berkolaborasi dengan Fasilitas ini diberikan kepada puskesmas setempat, Pencerah Nusantara kemudian sebagai mengoptimalkan dukungan tersebut dengan mengadakan kegiatan pencegahan danfasilitas pendukung edukasi diabetes kepada kesehatan serta sarana edukasi bagi masyarakat.


Penyerahan alat pengecekan gula darah dari Bryan Christian selaku ketua tim Pencerah Nusantara Sumbawa Barat ke Kepala Puskesmas Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat

“Tantangan kesehatan beragam tidak hanya menjadi tanggungjawab mereka yang bekerja di sektor kesehatan. Untuk menjawab tantangan ini, kolaborasi multisektor menjadi kunci untuk membuka pintu solusi yang tepat agar tantangan kesehatan dapat teratasi. Kolaborasi Tropicana Slim dan Pencerah Nusantara menjadi salah satu bentuk kerjasama yang memperoleh apresiasi tinggi baik dari kami sebagai pengelola Pencerah Nusantara, tenaga kesehatan setempat maupun masyarakat. Yang terpenting dari kerjasama ini adalah upaya dan keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan dalam mewujudkan Indonesia yang bebas Diabetes,” demikian ujar Anindita Sitepu, Direktur Program CISDI selaku pengelola program Pencerah Nusantara.

Selamat Hari Diabetes Nasional! Mari wujudkan Indonesia yang bebas Diabetes secara dengan kemitraan dan kolaborasi bersama-sama.


--------------------------------------------------------------------------------------------------
1Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: Situasi dan Analisis Diabetes. 2014. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
2Diabetes Tests & Diagnosis. 2016. The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Share this: