Pencerah Nusantara

PENCERAH NUSANTARA

Gerakan Pencerah Nusantara adalah terobosan yang diinisiasi oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) yang bertujuan memperkuat pelayanan kesehatan primer melalui penempatan generasi muda di daerah perifer di Indonesia.

Pencerah Nusantara terdiri dari sekelompok tim kesehatan terpilih dan terlatih (dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat dan pemerhati kesehatan dari berbagai latar belakang akademis) yang bersedia mengabdikan diri selama 1 tahun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok Indonesia.

Tim Pencerah Nusantara akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan secara lintas sektor untuk bekerja bersama meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menggunakan kesehatan sebagai daya ungkit. Tim Pencerah Nusantara diharapkan dapat menjadi agen perubahan di daerah penugasan mereka masing masing dalam memperbaiki profil kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selepas masa bakti KUKPRI-MDGs berakhir, semangat untuk terus berkontribusi tidak pernah padam. Pada 8 Desember 2014, KUKPRI-MDGs bertransformasi kelembagaan menjadi Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI). CISDI berkomitmen untuk meneruskan peran dan mengembangkan inisiatif KUKPRI-MDGs untuk mendukung percepatan pencapaian indikator-indikator pembangunan di tanah air melalui kajian, advokasi dan implementasi program strategis. Kesehatan dipilih sebagai pintu masuk seluruh inisiatif pembangunan ini karena daya ungkitnya yang tinggi pada indikator-indikator pembangunan yang lain.

Fokus utama tim Pencerah Nusantara adalah perbaikan pelayanan kesehatan primer serta upaya promotif dan preventif untuk mengubah paradigma masyarakat menuju paradigma sehat. Pencerah Nusantara bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, dengan menempatkan para Pencerah Nusantara di kantung-kantung penduduk yang membutuhkan intervensi, terutama di bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan primer merupakan garda terdepan bagi masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan dan upaya pencegahan penyakit, termasuk edukasi kesehatan, konseling, screening/penapisan. Kuatnya sistem pelayanan kesehatan primer akan meminimalisir ketidakadilan akses terhadap kesehatan antar kelompok masyarakat.

Tim Pencerah Nusantara bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan memperkuat sistem layanan kesehatan primer di Puskesmas. Penguatan sistem layanan ini diikuti juga dengan kegiatan-kegiatan penguatan kapasitas tenaga kesehatan lokal, pemberdayaan komunitas, serta serta pelibatan pemangku kepentingan lintas sektoral untuk bersama sama menciptakan suatu perubahan positif serta menjadi bagian dalam sejarah menuju Indonesia yang lebih sejahtera.

Memecahkan permasalahan kesehatan yang menyangkut banyak aspek kehidupan tidak bisa dilakukan hanya dengan sistem uniprofesional. Kontribusi dan sudut pandang dari berbagai disiplin ilmu akan memberi dampak positif dalam penyelesaian berbagai masalah kesehatan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Pencerah Nusantara akan memberikan lingkungan yang ideal bagi para praktisi kesehatan muda yang memiliki perbedaan latar belakang profesi untuk berinteraksi dan berkolaborasi  untuk meningkatkan pelayanan dan memicu perubahan sambil mempelajari kompetensi yang diperlukan dalam bekerja dengan profesi kesehatan lain secara efektif.


Lebih lanjut mengenai Pencerah Nusantara dapat dilihat di Website Pencerah Nusantara

Share this:

VIDEO TERKINI

Menggugah Pemuda Bereaksi Mengantisipasi Beban Sistem Pangan di Masa Depan

Forum for Young Indonesians (FYI) dengan tema 'Our Food, Our Future' digelar di Hall Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, (Minggu 22/10). Hadir pakar-pakar termuka seperti Wakil Presiden RI ke -11 Prof. Dr. Boediono, Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, ekonomo Faisal Basri, ekonom Prof. Dr. Emil Salim serta inovator-inovator muda yang memberi warna baru dalam praktik sistem pangan berk