Loading color scheme

FAQ Program COVID-19 PCR Test

Untuk Tenaga Kesehatan - FAQ Program COVID-19  PCR Test

1. Apa itu Program COVID-19 PCR Gratis yang disediakan oleh GrabHealth powered by Good Doctor?

Merupakan program khusus yang dijalankan Grab dan Good Doctor untuk Tenaga Kesehatan yang beresiko terpapar COVID-19. Inisiatif ini tak lain adalah bagian dari komitmen Grab dan Good Doctor kepada pemerintah, baik Kemenkes RI dan BNPB, dalam mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia.

2. Kapan periode program ini diselenggarakan?

Untuk PCR Test:

Pelaksanaan pemeriksaan masih terus berlangsung hingga saat ini. PCR Test telah diselenggarakan sejak tanggal 16 April 2020 lalu, dimana pendaftaran melalui konsultasi online di GrabHealth mulai sejak tanggal 14 April 2020.

3. Bagaimana metode pemeriksaan/ tes dilakukan?

Mulai tanggal 27 Mei 2020, pemeriksaan dilakukan di RSUD Matraman. Hasil dari PCR Test dengan metode swab area nasofaring akan dikirimkan ke Laboratorium Mikrobiologi UI untuk diperiksa lebih lanjut.

4. Siapa saja yang dapat mengikuti program ini?

Program ini ditujukan kepada tenaga kesehatan resmi sesuai ketentuan pada UU No 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan sebagai berikut:

1. Tenaga medis, yaitu dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi spesialis.

2. Tenaga psikologi klinis, yaitu psikologi klinis.

3. Tenaga keperawatan, yaitu berbagai jenis perawat.

4. Tenaga kebidanan, yaitu bidan.

5. Tenaga kefarmasian, yaitu apoteker dan tenaga teknis kefarmasian.

6. Tenaga kesehatan masyarakat, yaitu epidemiolog kesehatan, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, pembimbing kesehatan kerja, tenaga administrasi dan kebijakan kesehatan, tenaga biostatistik dan kependudukan, serta tenaga kesehatan reproduksi dan keluarga.

7. Tenaga kesehatan lingkungan, yaitu tenaga sanitasi lingkungan, entomolog kesehatan, dan mikrobiolog kesehatan.

8. Tenaga gizi, yaitu nutrisionis dan dietisien.

9. Tenaga keterapian fisik, yaitu fisioterapis, okupasi terapis, terapis wicara, dan akupunktur.

10.Tenaga keteknisian medis, yaitu perekam medis dan informasi kesehatan, teknik kardiovaskuler, teknisi pelayanan darah, refraksionis optisien/optometris, teknisi gigi, penata anestesi, terapis gigi dan mulut, dan audiologis.

11.Tenaga teknik biomedika, yaitu radiografer, elektromedis, ahli teknologi laboratorium medik, fisikawan medik, radioterapis, dan ortotik prostetik.

5. Bagaimana jika saya ingin mengikuti program tersebut?

Anda perlu melalui skrining terlebih dahulu melalui konsultasi dengan mitra dokter pada aplikasi Grab di layanan Kesehatan (GrabHealth) untuk kemudian akan ditentukan tingkat risiko infeksi terhadap COVID-19 mulai dari level rendah, sedang, maupun tinggi.

Jika hasil skrining mengindikasikan tingkat risiko pada level sedang dan tinggi, maka mitra dokter kami akan melanjutkan keikutsertaan Anda dalam program ini.

6. Cara mengakses layanan:

#Download aplikasi Grab

#Masuk ke menu ‘kesehatan’, jika belum pernah menggunakannya Anda akan diminta untuk mengisi data diri Anda

#Pilih menu ‘konsultasi kesehatan’ lalu klik ‘Chat Gratis dengan dokter kami’ (Catatan: Layanan Konsultasi mulai pukul 08.00-11.00 WIB setiap Senin-Jumat)

 

#Setelah terhubung dengan mitra dokter kami, silakan ketik format berikut diawal percakapan:

REG (spasi) NAKES

#Selanjutnya Mitra dokter kami akan menanyakan beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menentukan tingkat risiko Anda terhadap COVID-19

#Jika hasil skrining level risiko sedang atau tinggi, maka mitra dokter kami akan memberikan rekomendasi untuk ikut serta dalam program test ini

#Klik link rekomendasi yang diberikan oleh dokter lalu masukkan identitas diri Anda

#Setelah itu tentukan preferensi waktu yang diinginkan untuk mengikuti tes tersebut dan klik submit

#Selanjutnya Anda akan dihubungi melalui telepon/ WhatsApp oleh tim kami untuk konfirmasi pendaftaran. WhatsApp konfirmasi yang valid adalah konfirmasi melalui nomor +6281296601034, harap abaikan jika Anda menerima konfirmasi dari luar nomor tersebut.

#Harap pastikan nomor yang anda daftarkan dapat dihubungi oleh tim kami untuk melakukan konfirmasi pendaftaran. Bila hingga pukul 15.00 masih belum dapat dihubungi, maka pendaftaran dianggap gagal.

7. Dokumen apa saja yang harus saya lengkapi saat melakukan pendaftaran?

Untuk Tenaga Kesehatan, Anda akan diminta untuk melengkapi informasi seperti: nama, nomor telepon yang dapat dihubungi, Nomor KTP, alamat email, serta preferensi jadwal tes yang dipilih.

8. Apa yang perlu dilakukan setelah mengisi formulir pendaftaran?

Anda akan menerima telepon konfirmasi dari tim Good Doctor untuk memastikan jadwal kunjungan serta meminta data tambahan yang meliputi: 

Tanda pengenal yang terdaftar dan memiliki logo klinik/rumah sakit, Tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin

Setelah mendapatkan telpon konfirmasi, Anda akan menerima WA konfirmasi mengenai status registrasi Anda melalui nomor +6281296601034.

9. Kapan periode pendaftaran mulai dibuka?

Untuk PCR Test

Pendaftaran sudah dimulai sejak tanggal 27 Mei 2020 melalui layanan konsultasi dokter di aplikasi Grab (GrabHealth), mulai pukul 08.00-11.00 WIB setiap Senin-Jumat. Periode pendaftaran dapat berubah sewaktu-waktu yang akan diinformasikan dalam aplikasi GrabHealth.

Catatan:

- Jam penutupan pendaftaran bisa saja lebih cepat jika jumlah pendaftar telah mencapai batas maksimal per hari nya. Kami mengutamakan orang-orang dengan level resiko sedang dan tinggi untuk dapat mengikuti pendaftaran program ini.

- Bila pendaftaran sudah tidak bisa dilakukan dikarenakan slot sudah penuh, agar dapat melakukan konsultasi ulang di esok hari.

- Konsultasi di hari Jumat adalah untuk jadwal tes di hari Senin berikutnya dikarenakan tidak ada tes pada hari Sabtu dan Minggu.

10. Apakah ada ketentuan khusus saat datang di lokasi tes ?

1. Tes ini hanya berlaku untuk satu orang pendaftar yang telah terkonfirmasi

2. Baik peserta terkonfirmasi maupun pengantar WAJIB menggunakan masker saat datang ke lokasi.

11. Bagaimana tata cara check-in saat kedatangan di lokasi tes dan dokumen apa saja yang harus saya bawa?

Untuk PCR Test

- Datang ke Rumah Sakit yang telah ditentukan sesuai arahan WA konfirmasi dari GrabHealth powered by Good Doctor

- Silakan untuk mendatangi ruangan sebagaimana yang telah diinformasikan melalui whatsapp konfirmasi. Selanjutnya Anda dapat menunjukkan Whatsapp konfirmasi undangan, KTP, dan Tanda pengenal dari rumah sakit Anda bekerja kepada PIC yang berada di ruangan tersebut

- Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir kedatangan dan menandatangani formulir kesediaan untuk menginformasikan hasil tes kepada pihak Grab/GrabHealth powered by Good Doctor.

- Setelah proses check in selesai, Anda akan langsung diarahkan ke stasiun yang sudah ditentukan untuk pengambilan sampel Swab

- Setelah proses tes selesai, Anda akan dipersilakan untuk meninggalkan tempat dan hasil tes akan dikirimkan melalui email yang diinput saat mengisi formulir pendaftaran paling lambat dalam 5x24 jam. Perlu diketahui bahwa hasil pengetesan anda juga akan dibagikan ke pihak GrabHealth untuk membantu kami memandu hal-hal yang butuh anda lakukan bila hasil tercatat positif.

12. Apakah saya bisa mendaftarkan anggota keluarga saya?

Untuk saat ini seluruh pendaftaran hanya diperuntukkan bagi pendaftar saja sehingga pendaftaran tidak dapat dilakukan untuk orang lain atau dipindahkan ke orang lain.

13. Bagaimana jika hasil tes saya positif?

Jika hasil anda positif disarankan untuk melakukan konsultasi kembali melalui aplikasi untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

14. Apakah ada biaya yang harus dikeluarkan selama mengikuti program ini?

Anda tidak perlu melakukan pembayaran biaya pemeriksaan tes ini

15. Dimana lokasi tes ini dilakukan?

PCR TEST:

Lokasi pelaksanaan:

RSUD Matraman
Jalan Kebon Kelapa No.29, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120

Ruangan IGD COVID
Penanggungjawab: Dwi Rasmiyati (Kepala Ruangan Laboratorium)