Loading color scheme

PRIMARY HEALTHCARE

Puskesmas seringkali tidak diprioritaskan padahal memegang peran kunci dalam sistem kesehatan nasional.

Primary Health Care/Layanan Kesehatan Dasar merupakan pendekatan holistik dalam menyediakan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan individu dan komunitas, pendekatan ini menjadi kontak pertama masyarakat dengan sistem layanan kesehatan.

Di Indonesia, Primary Health Care dikenal luas dengan keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik dokter, praktek bidan swasta, dan praktek perawat mandiri. Layanan kesehatan yang diberikan meliputi pengobatan, pencegahan, dan primosi kesehatan hingga perawatan rehabilitatif. Dalam era Jaminan Kesehatan Nasiona, peran Primary Health Care (PHC) sangat penting karena mampu memberikan layanan kesehatan ke semua kelompok lapisan masyarakat (di daerah perkotaan maupun perdesaan).

CISDI melakukan penguatan layanan kesehatan primer melalui peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, pendampingan program, serta pemberdayaan masyarakat dalam Program Pencerah Nusantara. Sejak 2012, Pencerah Nusantara telah mendampingi 16 Puskesmas di 15 kabupaten dalam meningkatkan kualitas program dan tenaga kesehatan. Program ini telah direplikasi oleh Kementerian Kesehatan menjadi Nusantara Sehat pada 2015 yang hingga saat ini sudah di implementasikan di lebih dari 300 kabupaten.


PENCERAH NUSANTARA                  HEALTH LEARNING PLATFORM