Loading color scheme

SDGs MONITORING

CISDI berkomitmen mendorong pencapaian pembangunan berkelanjutan dan inklusif sesuai target SDGs.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) adalah agenda pembangunan yang disepakati oleh 194 negara anggota PBB dengan tujuan mencapai keseimbangan antara ketiga dimensi pembangunan berkelanjutan: ekonomi, sosial dan lingkungan.

Keterlibatan penuh dari semua sektor yang ada, baik dari instansi pemerintah, masyarakat sipil, akademisi, maupun sektor swasta menjadi faktor penentu yang memengaruhi keberhasilan pencapaian agenda global ini di tahun 2030. Mengusung prinsip “tidak ada seorang pun yang tertinggal”, SDGs adalah tanggung jawab penduduk dunia tanpa terkecuali, termasuk Indonesia.

Sebagai salah satu negara yang mengadopsi SDGs, Indonesia harus mengintegrasikan tujuan tersebut ke dalam rencana pembangunan nasional dan daerah, di seluruh provinsi. Dalam praktiknya, pemangku kepentingan non-pemerintah memiliki peran yang vital dalam memastikan integrasi target SDGs dalam rencana pembangunan daerah. Oleh karenanya, keterbukaan informasi terkait pelaksanaan program, indikator dampak dan keberhasilan, mekanisme monitoring dan evaluasi, serta potensi kolaborasi dalam SDGs menjadi kunci transparansi yang harus tersedia dan dapat diakses oleh pemangku kepentingan terkait.

Dengan keterbukaan data, Indonesia akan mampu menjawab ketimpangan dalam akses informasi dan literatur data, mendorong ruang partisipasi sipil, serta mendorong ketersediaan data dan informasi yang dapat digunakan secara kolektif.

Sebuah mekanisme yang memastikan proses monitoring dan akuntabilitas dilakukan secara terbuka dan transparan perlu melibatkan semua pemangku kepentingan, khususnya aktor-aktor nonpemerintah yang terkait dengan perwujudan target-target pembangunan global, di antaranya masyarakat sipil, akademisi, media, dan komunitas pembangunan internasional. Dengan demikian, inisiatif pembangunan mampu melahirkan produk informasi maupun keterampilan yang dapat diadopsi dan direplikasi oleh komunitas yang menghadapi tantangan serupa.


TRACK SDGs                KELAS SDGs