Loading color scheme

Our Expertise

Menyadari situasi kesehatan masyarakat Indonesia yang masih timpang, CISDI melihat kebutuhan kesehatan masyarakat yang berfokus pada isu penguatan layanan kesehatan primer, perluasan kebijakan berwawasan kesehatan, pelibatan kaum muda dalam pembangunan kesehatan, serta penguatan kemitraan dan akuntabilitas sosial. 

Fokus-fokus tersebut saling berhubungan satu sama lain dengan satu tujuan, yaitu untuk memastikan masyarakat Indonesia yang setara, berdaya, dan sejahtera melalui paradigma kesehatan.

- Penguatan sistem kesehatan primer
Pelayanan kesehatan primer merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat dan komponen esensial menuju cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage). Sayangnya, sering kali isu ini tidak diprioritaskan oleh banyak pemangku kepentingan. Melihat kebutuhan dan urgensi yang ada, CISDI bekerja bersama berbagai aktor pembangunan di daerah untuk memperkuat sistem kesehatan primer di daerah-daerah tertinggal melalui berbagai program Pencerah Nusantara

- Kebijakan berwawasan kesehatan
Kebijakan berwawasan kesehatan merupakan pendekatan kolaboratif yang mengintegrasikan semua pertimbangan kesehatan ke dalam pembuatan kebijakan semua sektor untuk memastikan peningkatan kesehatan masyarakat. Kebijakan berwawasan kesehatan penting untuk dipahami dan diintegrasikan dalam rencana pembangunan nasional, dimana setiap pemangku kepentingan memahami dan mempertimbangkan dampak suatu kebijakan terhadap kesehatan masyarakat. CISDI terus mendorong pendekatan kebijakan berwawasan kesehatan dalam proses pengambilan keputusan maupun pembuatan kebijakan para pemangku kepentingan melalui berbagai studi, kajian dan advokasi berbagai isu kesehatan masyarakat seperti pengendalian tembakau, nutrisi, food system, dan lainnya.

- Penguatan pelibatan kaum muda dalam pembangunan kesehatan
Indonesia merupakan rumah untuk lebih dari 63 juta pemuda, lebih dari seperempat total populasi. Dengan besarnya jumlah dan potensi kaum muda di Indonesia, peran mereka harus diakui secara strategis dalam pelibatan yang bermakna dalam pembangunan kesehatan bagi kaum muda sejak perencanaan hingga pembuatan keputusan; khususnya keputusan yang mempengaruhi kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan kaum muda. Mewakili kesejahteraan bangsa, di masa kini maupun di masa depan, kaum muda memiliki peranan penting untuk disuarakan dan dikontribusikan. Maka, partisipasinya harus dihargai oleh para pengambil keputusan dan pemangku kepentingan.

CISDI mendorong partisipasi aktif dan bermakna orang muda untuk terlibat dalam pembangunan kesehatan melalui berbagai forum, seperti Youth Town Hall dan Forum for Young Indonesian.

- Penguatan kemitraan dan akuntabilitas sosial
Kemitraan yang inklusif merupakan komponen penting untuk pembangunan berkelanjutan, terutama pembangunan kesehatan. Permasalahan kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh banyak determinan sosial yang tidak dapat diselesaikan hanya oleh sektor kesehatan dan pemerintah saja. Kemitraan juga harus dapat mendorong proses tata kelola yang lebih baik sebagai prasyarat pembangunan berkelanjutan. Maka, mekanisme akuntabilitas berbagai aktor pembangunan harus terbentuk, terutama untuk bersama-sama berpartisipasi dan terlibat untuk memastikan knowledge sharing antar aktor dan proses terjadi dengan efektif.

Melalui Track SDGs, CISDI menyediakan wadah daring (online platform) bagi para aktor pembangunan, terutama aktor non pemerintah (Non-State Actors), untuk dapat berbagi praktik baik, pengalaman dan pengetahuan mengenai inisiatif mereka untuk akselerasi pencapaian SDGs. CISDI juga mendorong terjadinya peningkatan kapasitas para aktor non-pemerintah untuk dapat memiliki proses tata kelola yang baik dan inisiatif yang berkelanjutan.

CISDI memastikan fokus berjalan dan tujuan tercapai melalui dukungan keahlian utama dalam riset dan advokasi kebijakan, peningkatan kapasitas mitra, pemberdayaan kaum muda, juga pengembangan masyarakat. Lebih lanjut mengenai program penguatan kemitraan dan akuntabilitas sosial

- Policy research and advocacy 
Menyadari pentingnya kebijakan berbasis bukti, CISDI ingin mendorong lebih banyak lagi tersedianya kebijakan berwawasan kesehatan berbasis data dan bukti melalui studi dan kajian terkait isu-isu penting kesehatan masyarakat. Studi dan kajian yang dilakukan digunakan sebagai basis penyebaran pengetahuan ke mitra dan bahan advokasi perubahan kebijakan ke pemangku kepentingan.

- Capacity building 
Memastikan pembangunan keberlanjutan berarti memastikan setiap aktor memiliki kapasitas dan berdaya untuk mencapai target pembangunan. CISDI telah berpengalaman memberikan pendampingan dan asistensi teknis kepada mitra dan aktor pembangunan di level nasional maupun daerah, seperti Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten, Puskesmas, serta sekolah-sekolah.

- Youth empowerment 
Pemberdayaan kaum muda menjadi kunci dalam hampir semua kegiatan CISDI melalui Pencerah Nusantara, Progresif, YTH, dan lainnya. Menyadari peran penting kaum muda, CISDI terus berupaya mendorong pelibatan kaum muda secara aktif dan bermakna dalam pembangunan kesehatan Indonesia, pada semua proses pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan mulai dari perencanaan hingga implementasi.

- Community development 
Pembangunan berkelanjutan akan tercapai bila masyarakat hingga ke tingkat komunitas dapat berdaya dan mandiri untuk melakukan upaya-upaya peningkatan dan perbaikan kualitas hidupnya. Untuk itu, CISDI melalui berbagai programnya, terutama program Pencerah Nusantara terus berupaya untuk mendorong masyarakat secara swadaya memobilisasi kelompoknya untuk terlibat aktif dalam upaya pembangunan.