Loading color scheme

Our Journey

CISDI didirikan di Jakarta pada 8 Desember 2014 oleh Diah Saminarsih. Berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia, CISDI mencanangkan visi untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang setara, berdaya, dan sejahtera dengan paradigma sehat untuk pencapaian SDGs Goal 3

Pencerah Nusantara merupakan salah satu program CISDI yang fokus utamanya pada perbaikan sistem pelayanan kesehatan dasar di Indonesia. Tujuan ini diterjemahkan dalam aktivitas-aktivitas penguatan layanan kesehatan dasar di daerah terpencil dan bermasalah kesehatan. Sebagai hasil dari pencapaian ini, program Pencerah Nusantara berhasil meraih Silver Award pada Open Government Awards 2015 yang diselenggarakan di Mexico. Di 2015, program ini diadopsi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjadi program skala nasional bernama Nusantara Sehat.

Komitmen CISDI dalam berkonstribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia terus dikembangkan dengan masuk melalui isu-isu kesehatan lainnya. Tahun 2015, CISDI menginisiasi Program Generasi Kreatif: Penggerak Nusantara, sebuah program edukasi dampak bahaya rokok kepada anak usia sekolah menengah pertama dengan pendekatan peer educator. Mempertimbangkan pentingnya peran guru sebagai role model perubahan perilaku yang berkelanjutan, pada tahun 2018 CISDI mengembangkan program edukasi dampak bahaya rokok tersebut menjadi Program Generasi Sehat dan Kreatif (PROGRESIF), sebuah program edukasi dampak bahaya rokok dengan mengintegrasikan materi dampak bahaya rokok melalui kurikulum sekolah menengah pertama. Saat ini, lebih dari 600 anak di 10 sekolah Jakarta dan Bogor telah menjadi penerima manfaat edukasi bahaya rokok.

Bergerak sebagai pusat berbagai kajian dan inisiatif strategis, CISDI memanfaatkan penggunaan inovasi di bidang teknologi dan komunikasi untuk mengembangkan sebuah wadah digital TRACK SDGs. Wadah digital ini diharapkan bisa menjadi pusat informasi untuk isu SDGs di Indonesia. Selain itu, jangka panjang wadah ini bisa menjadi media untuk berinteraksi antara aktor pembangunan dari berbagai sektor sehingga dapat mewujudkan kolaborasi dalam mempercepat pencapaian SDGs di Indonesia.

Hingga saat ini, CISDI telah menyelenggarakan dan terlibat di berbagai kegiatan terkait pembangunan kesehatan nasional sebagai media untuk meningkatkan kolaborasi, advokasi, dan sosialisasi antar pemangku kepentingan. Beberapa kegiatannya adalah Youth Town Hall, Ruang.Temu, Lokapala.