Loading color scheme

PSBB, Mudik, dan COVID-19

Penyebaran SARS-CoV2 ke luar Jakarta mulai membentuk episentrum baru yang menandakan perluasan medan perang. Pemerintah harus melarang mudik secara nasional karena PSBB dengan skala Jakarta dan sekitarnya saja tidak akan cukup menahan laju transmisi.

  • Category: Commentaries CISDI 
  • Date: 14/04/2020
  • Info: Dipublikasikan di Indonesia pada April 2020 oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives

DOWNLOAD

Karantina wilayah zona merah tetap menjadi opsi wajib untuk menekan penyebaran ke daerah lain. Di Indonesia sendiri, infeksi pertama ditemukan menyebar di area Jakarta dan sekitarnya yang diumumkan pada 2 Maret 2020. Di awal Maret, jumlah kasus di Jakarta mendominasi total kasus di Indonesia, yaitu lebih dari 90% kasus berada di Jakarta, dengan persebaran hanya ke beberapa provinsi saja. Namun, dalam hitungan minggu, sekitar 50% dari total kasus telah ditemukan di 33 provinsi lain. 

Survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan tahun 2019 menunjukkan bahwa 14,9 juta orang yang tinggal di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) melakukan mudik lebaran, dimana Jawa Tengah menjadi tujuan utama (37,7%), diikuti dengan Jawa Barat (24,9%), dan Jawa Timur (11,1%).

 Apakah dalam situasi pandemi seperti sekarang ritual mudik akan berbeda? Survey oleh Kementerian Perhubungan per 6 April 2020 menunjukkan sebanyak 56 persen masyarakat sadar akan bahaya COVID-19 dan menyatakan tidak akan mudik; 37 persen orang belum berangkat mudik; dan 7 persen warga sudah mudik.