Behaviour Change Communication (BCC) ....

CISDI adalah organisasi masyarakat sipil yang bekerja di sektor pembangunan kesehatan berkelanjutan. Sejak 2012 CISDI telah melakukan penguatan puskesmas bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, 16 pemerintah provinsi, dan 28 kabupaten/kota melalui program Pencerah Nusantara (PN). Melihat komitmen tinggi pemerintah Kota Depok dan Kabupaten Bekasi saat pelaksanaan program PUSPA—program penguatan puskesmas untuk respon COVID-19 bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat—CISDI melanjutkan pendampingan dan kerja sama dengan kota/kabupaten terkait untuk program Penguatan Transformasi Layanan Kesehatan Primer yang Responsif Inklusif, dan Masyarakat Aktif Bermakna (PN PRIMA). Program ini berjalan sejak 2021 untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan primer, bekerja sama dengan kader kesehatan bersama tenaga kesehatan di 12 puskesmas.


Tahun ini PN-PRIMA berfokus pada penjangkauan imunisasi dasar lengkap pada baduta melalui media sosial, pelaksanaan microplanning imunisasi, peningkatan layanan gizi pada balita, layanan antenatal care pada ibu hamil, serta penjangkauan layanan penyakit tidak menular untuk usia produktif (15-59 tahun) dan lansia. Perlu adanya komunikasi perubahan perilaku yang dapat menyasar pada beberapa fokus tersebut dengan target sasarannya masing-masing. Selain itu, CISDI juga sedang merancang advokasi untuk memastikan kerja layak bagi kader kesehatan.


Tenaga ahli berupa Behavior Change Communication (BCC) Specialist dibutuhkan untuk bekerja dengan supervisi dari Tim Community Engagement dan dukungan dari Tim Primary Health Care (PHC) CISDI. BCC specialist akan berada di bawah koordinasi Community Engagement Manager, lalu bertanggung jawab ke Chief Communication Officer. BCC Specialist akan bekerja pada Mei 2024-September 2025.



RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  1. Menyusun strategi komunikasi perubahan perilaku dengan tujuan:
  • Meningkatkan kepercayaan (confidence) dan penerimaan (uptake) imunisasi dasar lengkap bagi caregiver baduta.
  • Meningkatkan cakupan kepatuhan (compliance) untuk check up rutin dan pengambilan obat bagi orang usia produktif (15-59 tahun) dengan diabetes melitus dan hipertensi.
  • Meningkatkan motivasi dan kesadaran orang tua balita untuk rutin melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita di posyandu
  • Meningkatkan motivasi dan kepatuhan (compliance) penanganan masalah gizi bagi orang tua dengan anak balita yang memiliki permasalahan gizi (wasting, weight faltering, underweight, stunting, dan risiko obesitas).
  • Mendorong peningkatan kunjungan ibu hamil ke layanan kesehatan primer (posyandu, posbindu) untuk melakukan pemeriksaan ANC terpadu
  • Mendorong peningkatan kunjungan ke layanan kesehatan primer (puskesmas, posyandu) untuk mengajak skrining penyakit tidak menular.

2. Menyusun rencana kegiatan komunikasi dalam rangka perubahan perilaku sesuai strategi komunikasi dan melakukan implementasi serta evaluasi secara berkala

3. Menyusun protokol komunikasi sesuai dengan kebutuhan

4. Menyusun modul/kurikulum dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan sesuai kebutuhan

5. Bersama dengan tim memastikan kelancaran produksi produk komunikasi untuk mendistribusikan pesan kunci melalui berbagai kanal (Instagram, Facebook, WhatsApp, aplikasi PN PRIMA, dll)

6. Mengukur efektivitas strategi komunikasi perubahan perilaku

7. Menyusun laporan program komunikasi perubahan perilaku

8. Membantu menyusun kampanye komunikasi dan pesan kunci untuk advokasi kerja layak bagi kader kesehatan


KUALIFIKASI MINIMUM

  1. Minimal berpendidikan magister dalam bidang ilmu perilaku, ilmu komunikasi, kesehatan masyarakat, ilmu psikologi, atau bidang lain yang terkait.
  2. Memiliki pengalaman minimal 5 (lima) tahun terkait komunikasi perilaku.
  3. Memiliki pengalaman menyusun strategi komunikasi perubahan perilaku sosial.
  4. Memiliki keterampilan mensintesis informasi dari berbagai sumber yang valid dan relevan untuk produk komunikasi, terutama dalam bentuk teks dan video.
  5. Menginterpretasi informasi saintifik yang diperuntukan bagi audiens yang spesifik, lalu mengemasnya pada tingkat dan gaya yang disesuaikan dengan audiens yang beragam.
  6. Memiliki pengalaman terlibat dalam manajemen pelatihan untuk masyarakat umum menjadi nilai tambah.
  7. Memiliki pengalaman membuat konten dan/atau mengelola akun media sosial (Instagram, WhatsApp, TikTok, X) serta menggelar kampanye digital menjadi nilai tambah.
  8. Memiliki ketertarikan terhadap isu kesehatan masyarakat menjadi nilai tambah.
  9. Memiliki pengalaman bekerja di LSM atau organisasi serupa menjadi nilai tambah.



Alamat pendaftaran & Informasi lebih lanjut: admfinance@cisdi.org

Batas Pendaftaran: Rabu, 29 Mei 2024 Pukul 17:00 WIB

Subjek Email: Pengadaan_BCC Specialist


Informasi selengkapnya dapat diakses dalam dokumen terlampir.