Enumerator Pengambilan Data

Daftar sekarang

CISDI akan melakukan penelitian yang berjudul “Analisis implementasi program imunisasi usia 0-23 bulan dan peluang peningkatan cakupan melalui penguatan media sosial di Jawa Barat, Indonesia”. Metode penelitian ini menggunakan data primer di 6 puskesmas intervensi CISDI. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara kepada 6 penanggung jawab program imunisasi puskesmas, 6 bidan desa, 36 kader posyandu, 12 tokoh masyarakat, dan 90 orang tua atau pengasuh balita.


Riset ini bertujuan melakukan evaluasi program imunisasi dengan mengidentifikasi dan mengenumerasi hambatan dan peluang pada sistem kesehatan saat ini; kedua, mengembangan strategi perubahan perilaku dan komunikasi (behavioral change and communication strategy) model PN PRIMA yang dilakukan di 12 puskesmas di Kabupaten Bekasi dan Kota Depok. Pada tahap ini akan dilakukan penilaian awal (initial assessment) untuk memahami implementasi program imunisasi di lokasi intervensi. Terdapat tiga luaran dari hasil studi ini yaitu 1) memberikan rekomendasi intervensi yang efektif untuk mengoptimalkan program imunisasi bayi dan lanjutan, 2) menyediakan bukti untuk perumusan pesan kunci edukasi imunisasi, dan 3) potensi media sosial dalam mempengaruhi persepsi dan perilaku masyarakat terhadap imunisasi bayi dan lanjutan. Kami juga akan mengeksplorasi hambatan dan peluang yang dirasakan oleh sasaran (beneficiaries) atau masyarakat dalam mengakses layanan imunisasi. 


Sehubungan dengan hal tersebut, tim riset kami membutuhkan jasa enumerator yang akan dilibatkan dalam pengumpulan data. Riset ini akan dilakukan pada bulan Juni - Juli 2024.


Detail Kebutuhan

Peran : Enumerator Pengambilan Data/Notulen

Ruang Lingkup Pekerjaan : Wawancara partisipan penelitian

Lokasi Kerja: Kota Depok dan Kabupaten Bekasi


Tanggung Jawab:

Melakukan pengambilan data primer


Lingkup Aktivitas:

  1. Membantu dan mendampingi peneliti utama melakukan wawancara kepada masyarakat/partisipan studi.
  2. Memberikan laporan atau catatan pengambilan data kepada tim peneliti.
  3. Mengirimkan data penelitian sesuai formulir atau instrumen yang telah ditentukan oleh tim peneliti.


Output/Luaran:

Kegiatan ini akan dilaksanakan di bulan Juli 2024 untuk luaran pekerjaan diperolehnya data penelitian sesuai tujuan penelitian.


Kualifikasi Umum: 

  1. Lulusan D3/S1 bidang Keperawatan/Kebidanan/Kesehatan Masyarakat
  2. Berdomisili di wilayah Kota Depok atau Kabupaten Bekasi dan sekitarnya
  3. Memiliki pengetahuan mengenai ekosistem Puskesmas
  4. Memiliki keterampilan untuk mengambil data kesehatan secara rapi dan riil (diutamakan bagi kandidat yang memiliki pengalaman sebagai enumerator atau relawan)
  5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  6. Tidak merokok dan berhenti merokok jika terpilih
  7. Mampu bekerja dengan supervisi minimal


Kelengkapan Pengajuan

  1. Penawaran harga / Quotation
  2. KTP
  3. NPWP
  4. Curriculum Vitae
  5. Portofolio
  6. Nomor rekening (foto/scan buku tabungan)

Keterangan Tambahan: Harga penawaran atas jasa yang dilampirkan sudah termasuk dengan Pajak Penghasilan (pajak akan dipotong oleh CISDI, bukti pemotongan pajak akan diberikan oleh CISDI).


Mekanisme Pengajuan

Pihak yang tertarik dapat mengirimkan email ke: admfinance@cisdi.org dengan subyek "Pengadaan_Enumerator VAXSOC". Batas pengajuan 30 Juni 2024. Informasi selengkapnya dalam dokumen terlampir.

Dokumen